Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tokoh Pemuda Indonesia, Pemimpin Dari Kalimantan Timur |Kang Haerdy

Inilah Kang Haerdy Tokoh Muda Indonesia dikenal dengan sosok pemimpin yang inovatif dan kharismatik di Kalimantan Timur. untuk pemuda-pemudi, kenalilah pemuda seperti ini termasuk langka di Indonesia.

Haerdy Pratama Wijaya, Ksatria Tanah Kalimantan

“Harusnya kita malu, apabila kita tidak pernah berbuat nyata untuk negeri ini, yang ada kita hanya bisa mengkritisi tanpa pernah memberikan solusi.”

Indonesia memiliki pemuda-pemudi yang siap menyelamatkan dan membantu Indonesia. Kita tidak perlu memungkiri, bahwa jiwa-jiwa para pahlawan bangsa terdahulu kini seakan-akan bersemayam pada generasi muda Indonesia saat ini.

Foto : (Referensi Pihak Ketiga)

Bagaikan kumpulan para ksatria yang maju menerjang berbagai rintangan dan pantang mundur, begitulah kisah sejumlah para pemuda-pemudi Indonesia yang sampai saat ini menunjukkan pengabdiannya kepada bangsa dan negara. Haerdy Pratama Wijaya adalah satu dari sekian pemuda- pemudi tersebut.

Kang Haerdy, begitulah panggilan akrab beliau di mata para juniornya semasa menjadi mahasiswa Universitas Mulawarman, Kalimantan Timur. Bagi yang belum pernah bertemu atau baru bertemu sekali, mungkin tidak akan per- caya dengan sosok ini.

Beliau adalah orang yang terlihat biasa- biasa saja –secara penampilan. Kebanyakan orang mungkin akan memandang sebelah mata, jika tidak mengetahui sosok beliau secara mendalam. Hal itulah yang pernah saya rasakan, pertama kali ketika bertemu dengan beliau dalam sebuah acara seminar. Namun itu semua adalah cara beliau untuk menutupi latar belakangnya sebagai aktivis sosial, mahasiswa, dan seorang kakak. Sosok tokoh muda Indonesia, yang berasal dari tanah Kalimantan Timur, timur Indonesia.

Beliau adalah putra asli Kalimantan Timur, tepatnya dari kecamatan Rantau Pulung, Kabupaten Kutai Timur. Pria kelahiran 25 Maret 1992 ini adalah satu dari sekian “permata” muda yang di titipkan oleh Tuhan Yang Mahakuasa kepada Indonesia.

Foto : Kang Haerdy Bintang Tamu di Acara Hitam Putih (Refensi Pihak Ketiga)

Terdengar agak berlebihan, apabila saya menyandingkan beliau dengan sebuah permata. Namun itulah yang pantas beliau miliki menjadi permata yang mampu menunjukkan keunggulan Indonesia. Hal tersebut ia kemas dalam sebuah proyek gagasan beliau, yang kini di kenal dengan sebutan Klinik Jalanan.

Apakah kalian tahu, apakah Klinik Jalanan itu? Sebuah proyek amal bakti sosial, teruntuk para anak jalanan yang ada di Indonesia. Sebuah gebrakan muda yang masif dan efektif dalam upaya menyelamatkan generasi muda Indonesia anak-anak yang kini harus menjalani kerasnya upaya mencari nafkah di jalan-jalan.

Kang Haerdy juga di kenal sebagai sosok pemimpin yang inovatif dan kharismatik. Klinik Jalanan merupakan sebuah inovasi nyata, yang telah beliau wujudkan. Selama ini, stigma buruk erat sekali berkaitan dengan anak jalanan, yang mana justru menjadi efek yang berbahaya bagi kondisi mereka sendiri. Melihat hal tersebut, Kang Haerdy menjawab dengan sebuah gerakan nyata.

Saat ini, Indonesia di timpa berbagai permasalahan, dan seringkali kita sibuk untuk menyalahkan pihak satu dengan pihak lainnya tanpa berpikir panjang dan menciptakan solusi atas masalah yang ada. Mari berpikir dan bergerak dengan inovasi terbaik kita, karena kita-lah generasi yang dapat menolong dan menyelamatkan Indonesia!

Nilai kharismatik dari Kang Haerdy begitu terasa pada saat beliau seringkali di minta untuk menjadi pemateri atau narasumber dalam setiap agenda lokal, regional, maupun nasional yang pernah beliau ikuti.

Jangan tertipu oleh paras wajahnya! Walaupun terlihat muda sekali, beliau lantang berbicara apabila berkesempatan untuk menyampaikan apa yang salah dengan Indonesia. Suatu hari, beliau pernah hadir sebagai narasumber dalam sebuah acara yang membahas nasib anak jalanan di Kalimantan Timur.

Foto : Referensi Pihak Ketiga

Beliau tidak ragu untuk melontarkan kritik kepada salah satu narasumber dari pemerintah. Kebiasaan beliau ini di dukung dengan pembawaan beliau yang tegas, namun santai sehingga membuat para peserta seminar pada saat itu mampu memahami konteks masalah yang ada dengan suasana yang menyenangkan.

Anak muda adalah sosok yang gampang cemas, memiliki pemikiran yang kritis, serta tidak tanggung- tanggung menyampaikan apa yang ia ingin sampaikan. Hanya saja, seringkali anak-anak muda di zaman ini tidak memahami bagaimana gaya berbicara yang pas, pembawaan emosi yang baik, dan kecenderungan untuk menyampaikan solusi. Kang Haerdy sudah berhasil mencapai posisi tersebut, bagaimana dengan kita?

Sebagai sosok kakak, beliau mampu menjadi sosok panutan yang mampu menginspirasi banyak pihak, termasuk kaum tua sendiri. Di mata adik-adik mahasiswa, beliau adalah seorang Presiden. Ya, Presiden Mahasiswa BEM KM Universitas Mulawarman 2013/2014 yang mampu membawa dampak nyata terhadap perubahan dunia kampus, lewat berbagai inovasi pada masa jabatannya.

Di mata masyarakat Samarinda, Kang Haerdy adalah seorang anak muda yang tidak ingin tinggal diam – diam melihat masalah anak jalanan yang tidak terbina dengan baik, dan berupaya membantu dengan gagasan serta aksi nyatanya.

Seorang kakak identik menjadi inspirasi untuk adik-adiknya, bukan? Inspirasi bukan hanya timbul karena mendengar sejumlah kata-kata manis dan menerima secara mentah, namun lebih daripada itu, memberikan contoh untuk perubahan yang lebih baik.

Kang Haerdy adalah contoh muda yang wajib kita lirik dan tiru, karena kemunculan pemuda seperti ini termasuk langka di Indonesia. Pengakuan internasional terhadap beliau pun muncul, ketika program Klinik Jalanan di undang untuk menyampaikan gagasannya di depan Youth Inovation Challange, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sebuah pencapaian tinggi yang pernah di raih oleh anak muda Indonesia, terlebih bagi sosok muda dari tanah Kalimantan. Apabila dunia pun sudah mengakui dan mendukung gagasan beliau, bagaimana dengan kita?

Pada akhirnya, kita adalah generasi yang berkewajiban menyalakan api perjuangan para kstaria bangsa Indonesia – para pahlawan terdahulu, untuk menolong dan menyelamatkan Indonesia. Diperlukan sosok-sosok pemimpin yang mampu menggerakkan segenap potensi bangsa Indonesia,

yang di kenal mampu berinovasi dan kreatif sesuai dengan kondisi yang ada. Kalimantan Timur mempersembahkan seorang ksatria bernama Kang Haerdy, untuk menjadi sosok pemimpin yang pas dan ideal dalam hal menjadi panutan yang tepat.Sekali lagi, jangan meremehkan anak muda, apalagi anak muda Indonesia!
“Banyak orang yang berniat baik tapi hanya sedikit orang yang berniat serius.” Kang Haerdy.

Sekian tentang Kang Haerdy "Tokoh Muda Indonesia dikenal dengan sosok pemimpin yang inovatif dan kharismatik dari Kalimantan Timur".